2008-07-01

ETIKA PROFESI PUSTAKAWAN

Oleh :
Suyoto, SH. SIP
Pustakawan Muda Universitas Lampung

1. Pengertian Etika
Dalam kamus besar bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk, ilmu tentang hak dan kewajiban moral (ahklak).
Begitu juga seperti yang telah dikemukakan oleh Franz Von Magnis (1976), etika adalah ilmu tentang kewajiban-kewajiban manusia serta tentang yang baik dan yang buruk atau disebut bidang moral.
Sifat dasar dari etika adalah bersifat kritis, sedangkan etika bertugas untuk mempersoalkan norma-norma yang dianggap berlaku. Dengan demikian etika dapat mengantar orang kepada kemampuan untuk bersikap kritis dan rasional untuk membentuk pendapatnya sendiri. Obyek dari etika adalah pernyataan moral tentang tindakan manusia dan pernyataan tentang manusia sendiri atau tentang unsure pribadi manusia, seperti; motip-motip, maksud dan waktunya. Pernyataan tidak bersifat moral tetapi penting dalam tindakan meliputi; peeyataan kewajiban, misalnya betul, salah atau wajib. ( mencuri itu salah, engkau harus mengembalikan uang itu). Pernyataan itu merupakan suatu tindakan tertentu sesuai atau tidak sesuai dengan norma-norma moral.
Penilaian moral; orang-orang, kelompok, dinilai baik, buruk, jahat, suci, memalukan, tanggung jawab, pantas ditegur.
Penilaian-penilaian bukan moral; apa Baja yang dapat dinilai, misalnya mangga itu enak, anak itu sehat, dll.
Pustakawanan sebagai suatu profesi, berarti secara moral ia harus dapat bertanggung jawab terhadap segala tindakannya baik terhadap sesama profesi pustakawan, terhadap organisasi dan terhadap dirinya sendiri. Pustakawan mempunyai kewajiban untuk melakukan suatu tindakan sesuai profesinya dan ia harus dapat menghindari tindakan-tindakan yang buruk, salah, yang bertentangan dengan norma-norma dalam masyarakat.

Selengkapnya silahkan download disini download

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya butuh artikel tentang etika pustakawan di atas. Tapi saya tidak bisa men-download file lengkapnya. Bagaimana caranya? Apakah bisa dikirim ke e-mail saya? Kalau bisa tolong kirimkan ke e-mail saya ya!!! terima kasih banyak....

abidien_zai@yahoo.co.id

 
©  free template by Blogspot tutorial